Tujuan dari copywriting
adalah menarik perhatian pembaca. Seperti yang sudah saya bahas di artikel
sebelumnya, copywriting sangat penting untuk membuat pembaca teks iklan Anda
terpengaruh dan berminat untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Jika Anda seorang
pengusaha online atau Anda bekerja menjadi copywriter di suatu perusahaan
periklanan. Dan Anda ingin memasang iklan dalam bentuk teks. Ada yang ingin
saya bocorkan kepada Anda tentang 3 pengetahuan yang harus Anda pahami dalam
membuat copywriting.
Saran saya, Anda coba
untuk memahami 3 pengetahuan dasar ini agar Anda lebih mudah dalam membuat
copywriting. Berikut 3 pengetahuan dasar copywriting yang harus Anda pahami:
1. Bahasa
Dalam membuat copywriting kemampuan untuk memahami bahasa adalah hal
utama. Karena tujuan dari copywriting adalah membuat orang tertarik. Bahasa
merupakan poin pentingnya. Jika ingin membuat orang tertarik dengan kata-kata,
pahami bahasa dan berkomunikasilah dengan bahasa yang baik dan mudah di
mengerti oleh target pembaca iklan Anda.
2. Imajinasi Visual
Imajinasi visual adalah imajinasi yang berbentuk gambar-gambar dalam mata
pikiran manusia dan dip roses oleh otak kanan. Imajinasi visual adalah
kemampuan dasar yang harus di pahami untuk membuat copywriting. Karena dengan
imajinasi visual Anda akan lebih terangsang untuk mebuat ide-ide baru.
Walau tidak dapat dilihat secara kasat mata, imajinasi visual ternyata
memiliki manfaat-manfaat yang berguna dalam kehidupan manusia. Dengan mengasah
kemampuan pikiran kita untuk bebas berimajinasi, kita dapat membayangkan dan
membuat sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Dimulai dari hal-hal kecil
yang terkesan remeh seperti membuat mainan dari barang-barang bekas. Dengan
hal-hal kecil ini akan mengasah skill copywriting Anda.
3. Psikis Manusia
Anda harus memahami tentang psikis manusia. Dengan Anda memahami psikis
manusia Anda akan lebih mudah menyentuh perasaannya. Apa pentingnya? Oke, saya
jelaskan sedikit ya.
Salah satu cara untuk menarik perhatian pembaca iklan Anda adalah dengan
merangsang pikiran pembaca iklan Anda. Bagaimana merangsang pikiran? Anda bisa
masuk kedalam ego mereka, dengan cara mencari tahu target market Anda. Anda
harus tahu apa yang membuat mereka bahagia, bersedih, dll.
Jika Anda sudah mengetahui bagaimana psikis target market Anda. Anda akan
lebih mudah mencari kata-kata copywriting untuk menarik perhatian mereka.
Bagaimana mudahkan?
Seperti yang saya bilang, jika Anda bisa memahami 3 pengetahuan dasar dalam
membuat copywriting, Anda akan lebih mudah membuat tulisan copywriting.
So, selamat mencoba…