5 Unsur Sales Letter - Jika membahas tentang sales letter memang
tidak pernah ada habisnya. Walaupun Anda sudah menjadi seorang copywriter
professional sekalipun :)
Kemarin saya sudah membahas 5 tipe headlinedalam membuat sales letter. Jika Anda belum membacanya saya sarankan Anda
tinggalkan artikel ini sejenak dan coba untuk membaca artikel tentang tipe
headline terlebih dahulu. Karena headline sangat berpengaruh pada unsure sales
letter.

Dalam membuat sales letter ada 5 Unsur penting dalam membuat sales letter. Anda ingin tahu? Berikut 5 unsurnya.
1. Perhatian
Unsur ini biasanya berada di judul dan
subjudul. Di situlah, peluang awal kita untuk menarik perhatian pengunjung.
Kemarin kita sudah bahas headline
habis-habisan, maka sekarang kita cukup bicarakan subjudul (sub-heading) saja.
Ada yang berpendapat subjudul ini tidak harus kita tulis dalam sales letter.
Karena fungsi subjudul ini mendukung headline (judul).
Subjudul berfungsi memperdalam perhatian
pembaca. Tapi, jika headline yang anda buat sudah jadi magnet yang kuat bagi
pengunjung, adanya subjudul hukumnya tidak lagi mutlak.
2. Minat
Untuk menarik minat pengunjung anda harus
buat paragraf pembuka. Paragraf ini isinya bertujuan menyelesaikan masalah
pengunjung. Apa maksudnya?
Ini berkaitan dengan produk yang anda jual. Misal
anda jual obat sakit kepala. Maka dalam paragraph pembuka harus benar-benar
anda jelaskan obat yang anda jual bisa menyelesaikan problem sakit kepala. Anda
harus tunjukkan kalau obat anda ini yang paling tepat untuk masalah sakit
kepala.
3. Hasrat
Selanjutnya anda bisa giring minat pengunjung
menjadi niat untuk membeli. Anda bisa buat daftar manfaat atau keunggulan
produk anda di bagian ini. Cantumkan manfaat produk yang anda promosikan.
4. Tindakan
Saat pengunjung ingin bertindak membeli, anda
harus memberi mereka kemudahan. Jangan sampai pengunjung bingung dimana tempat
untuk memesan produk anda itu.
Anda harus buat langkah-langkah pemesanan
secara jelas dan ringkas. Contohnya dengan membuat link perintah KLIK DI SINI
UNTUK MEMESAN. Sayang sekali bukan jika pengunjung sudah berniat membeli tapi
mereka malah ngeloyor meninggalkan situs anda hanya karena kesulitan
memesannya.
5. Penutup
Dalam unsur penutup ini anda bisa memberi
iming-iming garansi dan bonus. Karena, dengan adanya garansi dan bonus pengunjung
akan semakin yakin membeli produk anda.
Ok… sekarang kira-kira apa kesulitan terbesar
anda dalam membuat sales letter? Jangan lupa ya, semua yang anda tulis dalam
sales letter anda harus mengandung lima unsur penting di atas. Ya… tujuannya
agar penjualan anda meningkat.
Sebagai affiliate marketer anda mesti sanggup
merayu pengunjung dengan sales letter. Karena kelangsungan karir affiliate anda
ditentukan keberhasilan menjualkan produk. Bukankah begitu?
So, buat pengunjung Anda terpukau dengan tulisan
sales letter Anda.
Selamat mencoba..