Jika di artikan dalam bahasa Indonesia, copy adalah salinan. Dalam dunia periklanan istilah copy sering digunakan dalam membuat iklan. Baik iklan di media cetak ataupun di media elektronik.Copy itu apa sih? Minuman yang diseduh dengan gula dan susu ya…? hehe
Definisi Copy
Burton
(1990:13) mengatakan bahwa arti kata copy bergantung pada siapa individu
yang memberikan definisi.
4 definisi copy menurut Burton:
1.
Sebagai kritik, copy dapat diartikan sebagai
rangkaian kata-kata yang menyebabkan orang-orang membeli apa yang tidak
dibutuhkan.
2.
Sebagai pencetak, copy diartikan sebagai kata-kata
yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan keseluruhan iklan-artwork, headline.
3.
Sebagai pembuat iklan, copy diartikan sebagai pesan yang
tercetak dimedia apapun selama pesan tersebut dapat muncul.
4.
Sebagai pembuat iklan televisi, copy terdiri kata-kata (audio)
yang menemani kemunculan gambar dalam iklan televisi.
“Secara sederhana, copy berarti membuat salinan pesan dalam bentuk kata-kata yang disampaikan kepada orang lain, dengan tujuan untuk menarik perhatian orang lain tersebut.”
Menurut Jefkins (2004:11) :
Copy
dapat tercipta karena adanya
copywriting, yaitu tulisan karya copywriter dalam bentuk karangan iklan yang
dibuat semenarik mungkin”. (Jefkins, 2004:11).
Penting gak sih membuat copy?
Dalam
dunia periklanan, membuat copy sangat penting. Karena tujuan copy itu sendiri
adalah membuat orang yang membaca tulisan copy tersebut, tertarik perhatiannya.
Dengan menarik perhatiannya, peluang untuk membeli lebih besar.
Gimana,
sekarang pahamkan apa itu copy?
Untuk
artikel-artikel selanjutnya akan saya bahas lebih jauh tentang cara membuat tulisan
copy yang dapat menarik perhatian orang lain.
So..
Kunjungi terus blog tips copywriting yaa… :D