Send Quick Massage

Nama

Email *

Pesan *

Rabu, 01 Januari 2014

Apa Itu Copy?


Copywriting
Jika di artikan dalam bahasa Indonesia, copy adalah salinan. Dalam dunia periklanan istilah copy sering digunakan dalam membuat iklan. Baik iklan di media cetak ataupun di media elektronik.Copy itu apa sih? Minuman yang diseduh dengan gula dan susu ya…? hehe

Definisi Copy

Burton (1990:13) mengatakan bahwa arti kata copy bergantung pada siapa individu yang memberikan definisi.

4 definisi copy menurut Burton:
1.      Sebagai kritik, copy dapat diartikan sebagai rangkaian kata-kata yang menyebabkan orang-orang membeli apa yang tidak dibutuhkan.
2.      Sebagai pencetak, copy diartikan sebagai kata-kata yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan keseluruhan iklan-artwork, headline.
3.      Sebagai pembuat iklan, copy diartikan sebagai pesan yang tercetak dimedia apapun selama pesan tersebut dapat muncul.
4.      Sebagai pembuat iklan televisi, copy terdiri kata-kata (audio) yang menemani kemunculan gambar dalam iklan televisi.

 

“Secara sederhana, copy berarti membuat salinan pesan dalam bentuk kata-kata yang disampaikan kepada orang lain, dengan tujuan untuk menarik perhatian orang lain tersebut.”


Menurut Jefkins (2004:11) :
Copy dapat tercipta karena adanya copywriting, yaitu tulisan karya copywriter dalam bentuk karangan iklan yang dibuat semenarik mungkin”. (Jefkins, 2004:11).

Penting gak sih membuat copy?

Dalam dunia periklanan, membuat copy sangat penting. Karena tujuan copy itu sendiri adalah membuat orang yang membaca tulisan copy tersebut, tertarik perhatiannya. Dengan menarik perhatiannya, peluang untuk membeli lebih besar.

Gimana, sekarang pahamkan apa itu copy?

Untuk artikel-artikel selanjutnya akan saya bahas lebih jauh tentang cara membuat tulisan copy yang dapat menarik perhatian orang lain.

So.. Kunjungi terus blog tips copywriting yaa… :D