Send Quick Massage

Nama

Email *

Pesan *

Minggu, 30 Maret 2014

3 Kemampuan Dasar Copywriter

Copywriter Skill
Kemampuan Dasar Copywriter - Beberapa hari yang lalu saya mencari informasi copywriter di Internet melalui situs mesin pencari terbesar di dunia (Google). Ternyata banyak sekali blog atau website yang membahas tentang copywriter, copywriting, sales letter, hypnotic writing dan berbagai topik yang sejenis lainnya.
Tapi saya sedikit kecewa, karena blog atau situs website yang membahas tentang copywriter itu kebanyakan orang-orang dari luar Indonesia. Ada sih beberapa blog yang membahas, tapi bisa terhitung dengan jari jumlahnya.

Yang jadi pertanyaan saya, kenapa para copywriter Indonesia tidak membahas dan menshare skill copywriting mereka? Atau, mungkin mereka kurang memahami dan tidak terlalu berminat dengan dunia copywriting?

Akhirnya, saya coba cari tahu di situs milik google untuk meriset kata kunci. Jika Anda ingin meriset kata kunci Anda bisa coba ke situs Riset Internet. Setelah saya riset, ternyata yang mencari informasi dengan kata kunci copywriter itu hanya 260 orang perbulannya. Jika di lihat jauh sekali jumlahnya ya dari total penduduk di Indonesia. Hehe

Saya sedikit ambil kesimpulan, kemungkinan tidak banyaknya situs atau blog yang membahas tentang dunia copywriting di Indonesia adalah :

"Banyak orang Indonesia yang kurang memahami kemampuan dasar copywriter"

Sebenarnya jika Anda ingin menjadi seorang copywriter, Anda tidak harus benar-benar expert di bidang copywriter. Banyak kok pemula yang saat ini sedang belajar copywriting. Tahukah Anda, untuk menjadi seorang copywriter professional itu hanya harus memiliki 3 kemampuan dasar copywriter.

Jika Anda sudah menguasai 3 kemampuan dasar copywriter, Anda akan lebih mudah membuat tulisan-tulisan copywriting.

“Karya yang membanggakan hanya akan lahir dari 3 kemampuan dasar seorang copywriter, yakni: crafting, creativity dan conceptual thinking ability.  Ketiga faktor itu harus berjalan seimbang untuk bisa bekerja sinergis dalam waktu yang bersamaan.”

Berikut penjelasan 3 kemampuan dasar copywriter yang harus Anda pelajari hari ini:

1. Crafting (kerajinan)Latihlah selalu kemampuan dalam menyusun kata-kata yang indah, bacalah puisi, fiksi, karya sastra yang indah, pantun, sonata dan juga pepatah petitih, kata-kata mutiara serta aneka peribahasa yang banyak dimiliki masyarakat kita.  Perbanyaklah perbendaharaan kosa kata yang aneh, jarang dan jadul. Dengan kegiatan kerajinan seperti ini akan membuat anda lebih terasah dalam membuat tulisan copywriting.
Perkayalah diri dengan referensi mengenai kata-kata yang indah namun sudah banyak terlupakan.  Jangan hanya terjebak pada kata-kata gaul masa kini saja.  Ingat, slogan yang powerfull seperti “pria punya selera” adalah digali dari kosa kata dan susunan kalimat “jadul”.

2. Creativity (kreatifitas)Asah terus kemampuan diri dengan selalu meningkatkan kemampuan  otak kita dalam  berfikir kreatif.  Salah satu tips hebat yang pernah saya terima adalah: mulailah harimu dengan humor!  Humor akan membuka simpul syaraf otak kita dan membuatnya lebih ‘hidup’.
“Ingat, kemampuan kreatif otak kita adalah ketika kita menggunakan cara berfikir yang ‘fun, nakal, dan ceria’ bukan sebaliknya.”
 
3. Conceptual Thinking (berpikir Konseptual)Perbanyaklah portofolio anda dengan berbagai macam kategori produk.  Kategori yang berbeda memerlukan pendekan berbeda pula.  Ada kategori produk yang bisa dibawa fun (misalnya permen atau detergent) , namun juga ada yang harus serius (misalnya otomotif, obat-obatan).  Bekerjalah dengan mereka yang lebih senior dari anda, yang memiliki reputasi baik.  Jangan pernah takut dengan CD galak, karena biasanya mereka yang memiliki kemampuan tinggi juga punya demand tinggi kepada anak buahnya.  Belajarlah dari awar-winning person, perbanyaklah melihat-lihat award-winning material.  Pelajarilah kenapa mereka dipuji.

Bagimana mudah bukan untuk menjadi sorang copywriter? Jika memang mudah, ayoo… lakukan praktek sekarang juga!

Selamat mencoba..